Penulis: Al Husna An Nadhiroh | Editor: Soulaya Lestary 

Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) Universitas Indonesia (UI)  kembali menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) pada tanggal 28 Mei – 11  Juni 2021. Pelatihan PEKERTI eksternal ini diikuti oleh 45 Dosen Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional dosen terutama dalam bidang kompetensi pedagogis dan pengajaran. 

Pelatihan PEKERTI diselenggarakan secara daring menggunakan skema pelatihan flipped learning. Di minggu pertama, peserta menonton modul video pelatihan interaktif dan mengerjakan ujian pelatihan untuk mengasah pemahaman via EMAS UI. Sesi ini dilakukan secara asinkronus sebelum dilaksanakan sesi sinkronus tatap maya bersama narasumber dan fasilitator di minggu ke-2. 

Workshop Pelatihan Pekerti yang dilaksanakan melalui platform Zoom berlangsung selama 5 hari dari hari Senin hingga Jumat dengan pemaparan materi yang berbeda setiap harinya. Pemaparan materi ini dilakukan oleh 5 narasumber ahli seperti;

Hari ke-1 : 7 Juni 2021

  1. Ariadne L. Juwono, M.Eng., Ph.D dengan materi Konsep dasar Pengembangan Kurikulum dan Outcome-based Education (OBE) dan Program Mapping (Q&A)
  2. Dr. Lucia R.M. Royanto, M.Si., M.Sp.Ed., Psikolog Teori Pembelajaran dan Metode Pembelajaran Aktif

Hari ke-2 : 8 Juni 2021

  1. Dr. Ir. Anak Agung Putri Ratna, M.Eng dengan Perumusan CPL CPMK Sub-Cpmk berbasis OBE

Hari ke-3 : 9 Juni 2021

  1. Diantha Soemantri, MD., M.Med.Ed., Ph.D dengan materi Evaluasi Hasil Pembelajaran (EHP) berdasarkan OBE. 

Hari ke-4 : 10 Juni 2021

  1. FA Triatmoko, S.Psi., M.Psi Pembelajaran Aktif dan Inovatif Berbasis TIK (e-Learning). Pada sesi ini, peserta dilatih menggunakan tools pembelajaran seperti mentimeter, kahoot, dan Canva. 

Selama pelatihan, peserta juga diharuskan membuat Buku Rancangan Pengajaran (BRP) atau Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang terstruktur dan dapat mengakomodasi baik pembelajaran luring maupun daring. Pembuatan BRP dibimbing oleh fasilitator ahli sehingga mulai dari capaian pembelajaran, sub capaian pembelajaran mata kuliah (cpmk) hingga asesmen yang ditentukan oleh peserta selaras dan dapat terukur.

Selain itu, di hari terakhir workshop PEKERTI  peserta ditugaskan untuk melakukan micro teaching di dalam breakout room yang dinilai oleh fasilitator dan peserta lainnya. Hal ini bertujuan agar dosen peserta mendapat umpan balik secara konstruktif dan menyeluruh dari fasilitator dan juga rekan dosen lain dari berbagai disiplin ilmu, sehingga dosen – dosen peserta dapat meningkatkan pembelajaran aktif yang akan diimplementasikan di perkuliahan nantinya.

Pada sesi terakhir Pelatihan PEKERTI, panitia mengumumkan peserta terbaik Pelatihan PEKERTI 2021 yang dinilai berdasarkan progress pembelajaran dari minggu pertama hingga terakhir, keaktifan saat sesi diskusi kelompok dan juga pada sesi klarifikasi dan diskusi bersama narasumber.  Peserta terbaik Pelatihan PEKERTI AKATEL Sandhy Putra Jakarta diraih oleh Ade Rahmat Iskandar, S.Kom., M.T. 

Subdit PKSA akan terus berusaha melakukan inovasi – inovasi dalam pelaksanaan pelatihan dan memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, dan bermanfaat. 

-TERIMA KASIH –

Tim Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA):

  • Soulaya Lestary (Kepala Subdit dan koordinator program)
  • Lindawati Purba (Pengelola Pelatihan dan koordinator narasumber & fasilitator)
  • Aida Aisyatuz Zahro (Pengolah Pelatihan dan koordinator peserta)
  • Basahil (Pengadministrasi Surat Sekretariat)
  • Al Husna An Nadhiroh ( Staf Divisi Publikasi, Desain dan Dokumentasi)