Penulis: Al Husna An Nadhiroh | Editor: Soulaya Lestary

Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) Universitas Indonesia (UI)  telah menyelenggarakan Pelatihan Evaluasi Hasil Pembelajaran UI untuk staf pengajar Universitas Indonesia. Sebanyak 36 orang dosen mengikuti pelatihan EHP yang diselenggarakan pada tanggal 28 Juni – 9 Juli 2021. Pelatihan ini bertujuan memberikan panduan praktis bagi peserta pelatihan ketika dihadapkan pada studi kasus perkuliahan dengan ranah capaian pembelajaran tertentu, peserta pelatihan mampu menentukan bentuk evaluasi dan menyusun instrumen asesmen yang sesuai.

Pelatihan EHP diselenggarakan secara daring menggunakan skema pelatihan flipped learning. Di minggu pertama, peserta menonton modul video pelatihan interaktif dan mengerjakan ujian pelatihan untuk mengasah pemahaman via EMAS UI. Sesi ini dilakukan secara asinkronus sebelum dilaksanakan sesi sinkronus tatap maya bersama narasumber dan fasilitator di minggu ke-2. 

Workshop Pelatihan EHP yang dilaksanakan melalui platform Zoom berlangsung selama 5 hari dari hari Senin hingga Jum’at dengan pemaparan materi yang berbeda setiap harinya. Pemaparan materi ini dilakukan oleh 5 narasumber ahli seperti;

Hari ke-1 : 5 Juli 2021

  1. Dian Kurnia, S.T., M.Tdengan materi Aturan dan Kebijakan yang terkait EHP – SK UI
  2. dr. Ardi Findyartini, Ph.D dengan materi Prinsip Evaluasi, Jenis Instrumen dan  Karakteristiknya.

Hari ke-2 : 6 Juli 2021

  1. dr. Nani Cahyani S, Sp.KO dengan materi Teori dan Pedoman Pembuat Rubrik Penilainan Keterampilan dan Pedoman Membuat Pilihan Ganda

Hari ke-3 : 7 Juli 2021

  1. Sisilia Setiawati Halimi, S.S., M.A., Ph.D dengan materi Pedoman pembuatan rubrik evaluasi esai, makalah & presentasi 

Hari ke-4 : 8 Juli 2021

  1. FA Triatmoko HS, M.Si dengan materi dengan materi Implementasi EHP di EMAS
  2. Dr. Ardi Findyartini, Ph.D dengan materi Portofolio – the 5W1H

Luaran pelatihan ini berupa Cetak Biru (Blue Print) Evaluasi Hasil Pembelajaran Mata Kuliah yang diampu. Pembuatan Cetak Biru ini dibimbing oleh fasilitator ahli pada minggu 3 pelatihan.

Pada sesi terakhir Pelatihan EHP, panitia mengumumkan peserta terbaik Pelatihan EHP Batch 1 yang dinilai berdasarkan progress pembelajaran dari minggu pertama hingga terakhir, keaktifan saat sesi diskusi kelompok dan juga pada sesi klarifikasi dan diskusi bersama narasumber.  Peserta terbaik Pelatihan EHP Batch 1 diraih oleh Dr. Untung Yuwono dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya.

Subdit PKSA akan terus berusaha melakukan inovasi – inovasi dalam pelaksanaan pelatihan dan memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, dan bermanfaat. 

-TERIMA KASIH –

Tim Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA):

  • Soulaya Lestary (Kepala Subdit dan koordinator program)
  • Lindawati Purba (Pengelola Pelatihan dan koordinator narasumber & fasilitator)
  • Aida Aisyatuz Zahro (Pengolah Pelatihan dan koordinator peserta)
  • Basahil (Pengadministrasi Surat Sekretariat)
  • Al Husna An Nadhiroh ( Staf Divisi Publikasi, Desain dan Dokumentasi)