Pada tanggal tanggal 10 – 19 Maret 2021, Subdit Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA) Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) Universitas Indonesia (UI) kembali menyelenggarakan Pelatihan PAPT berbasis daring dengan modul video pelatihan interaktif yang merupakan rangkaian dari pelatihan induksi PAPT-PEKERTI-AA. Pelatihan PAPT bertujuan untuk memberikan penjelasan praktis berbasis riset mengenai pembelajaran aktif, kemampuan berpikir kritis dan parameter yang bisa digunakan untuk menganalisis model pembelajaran. Pelatihan ini juga membahas beberapa model pembelajaran dan strategi yang bisa dosen gunakan untuk merealisasikan pembelajaran aktif. Selain pembahasan teoritis dan langkah praktis pembelajaran aktif, dosen juga mengetahui cara merancang pembelajaran aktif ini dengan menyusun model rencana pembelajaran baik secara tatap muka maupun daring.

Pelatihan PAPT tahun 2021 diikuti oleh 28 Dosen CPUI dan CPNS dari berbagai fakultas dan sekolah di UI.  Pelatihan berlangsung selama 2 minggu dan dibagi menjadi 2 tahap yaitu pembelajaran secara mandiri via platform EMAS UI dengan mengerjakan modul – modul video pelatihan secara interaktif (asinkronus) di minggu ke-1 dan menghadiri workshop via Zoom (sinkronus) bersama narsumber dan fasilitator ahli di bidangnya di minggu ke-2. 

Narasumber ahli yang hadir pada pelatihan ini antara lain: 

  • Dr. Lucia R. M. Royanto, M.Si., M.Sp.Ed, Psikolog dengan materi “Cara Mendorong Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dan Cara Memberikan Feedback Yang Konstruktif”,
  • Dr. Dipl. Psych. Ratna Djuwita dengan materi “Proses pembelajaran dengan metode Bermain Peran & Simulasi”, dan 
  • Satrio Budi Adi, S.E., M.Si dengan materi “Proses pembelajaran dengan Metode: Collaborative Learning (CL) dan Problem Based Learning (PBL)”

Selain itu, di hari terakhir workshop PAPT, dosen peserta ditugaskan untuk melakukan micro teaching di dalam breakout room yang dinilai oleh fasilitator dan peserta lainnya. Hal ini bertujuan agar dosen peserta mendapat umpan balik secara konstruktif dan menyeluruh dari fasilitator dan juga rekan dosen lain dari berbagai disiplin ilmu, sehingga dosen – dosen peserta dapat meningkatkan pembelajaran aktif yang akan diimplementasikan di perkuliahan nantinya.

Pada sesi terakhir Pelatihan PAPT, panitia juga mengumumkan peserta terbaik Pelatihan PAPT 2021 yang dinilai berdasarkan progress pembelajaran dari minggu pertama, keaktifan saat sesi diskusi kelompok, dan saat sesi klarifikasi bersama narasumber.  Peserta terbaik Pelatihan PAPT 2021 diraih oleh Dien Nurdini Nurdin, M.Psi., Psikolog yang merupakan dosen muda dari Fakultas Psikologi UI.

Secara keseluruhan, berdasarkan survei evaluasi tingkat kepuasan peserta, peserta merasa sangat terbantu dan merasakan manfaat yang besar dengan mengikuti Pelatihan PAPT ini. Berikut beberapa tanggapan peserta:

Subdit PKSA akan terus berusaha melakukan inovasi – inovasi dalam pelaksanaan pelatihan dan memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, dan bermanfaat.

– TERIMA KASIH –

 

Tim Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA):

  • Soulaya Lestary (Kepala Subdit dan koordinator program)
  • Lindawati Purba (Pengelola Pelatihan dan koordinator narasumber & fasilitator)
  • Aida Aisyatuz Zahro (Pengolah Pelatihan dan koordinator peserta)
  • Basahil (Pengadministrasi Surat Sekretariat)