Setelah tahun lalu sukses menyelenggarakan pelatihan PEKERTI berbasis daring dikarenakan pandemi covid-19, pada tanggal tanggal 29 Maret – 09 April 2021, Subdit Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA) Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) Universitas Indonesia (UI) kembali menyelenggarakan Pelatihan PEKERTI berbasis daring dengan modul video pelatihan interaktif. Pelatihan ini merupakan rangkaian kedua dari pelatihan induksi kepegawaian dosen UI yang dilaksanakan setelah pelatihan Pembelajaran Aktif Perguruan Tinggi (PAPT). 

Pelatihan PEKERTI bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional dosen terutama dalam bidang kompetensi pedagogis. Dalam pelatihan ini, Dosen diajak untuk memahami perubahan paradigma pembelajaran di masa kini, teori serta konsep dasar dalam pembelajaran dan pendidikan. Dosen juga mengenal serta menelaah karakter mahasiswa sebagai peserta didik guna meningkatkan motivasi belajar dan menciptakan pembelajaran yang efektif. Selain itu, dosen juga memahami tahapan dalam merancang sistem instruksional mulai dari menentukan capaian pembelajaran, merancang penilaian dan pembelajaran serta melakukan evaluasi pembelajaran. 

Pelatihan PEKERTI tahun 2021 diikuti oleh 30 Dosen CPUI dan CPNS dari berbagai fakultas dan sekolah di UI. Direktur DPASDP UI, Gatot F. Hertono, PhD. turut membukan pelatihan dan menyampaikan beberapa Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi kepada para dosen peserta. Pelatihan dengan metode flipped learning ini berlangsung selama 3 minggu dan dibagi menjadi 3 tahap, yaitu:

  • pembelajaran secara mandiri via platform EMAS UI dengan mengerjakan modul – modul video pelatihan secara interaktif (asinkronus) di minggu ke-1,
  • menghadiri workshop via Zoom (sinkronus) bersama narsumber dan fasilitator ahli di bidangnya di minggu ke-2,
  • dan pada minggu ke-3, dosen peserta melakukan bimbingan BRP (asinkronus) dengan fasilitator pembimbing yang disesuaikan dengan rumpun bidang keilmuan.

Narasumber ahli yang hadir pada pelatihan ini antara lain: 

  • Gatot F. Hertono, Ph.D dengan materi “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta Dosen Penggerak”,
  • Dr. Lucia R. M. Royanto, M.Si., M.Sp.Ed, Psikolog dengan materi “Manajemen Kelas Luring/Daring”,
  • Dr. Ir. Anak Agung Putri Ratna, M.Eng dengan materi “Perumusan CPL-CPMK-Sub CPMK berbasis OBE serta Rekonstruksi Mata Kuliah dalam Bentuk Bagan Alir dan Peta Proses Pembelajaran”,
  • Diantha Soemantri, M.D., M.Med.Ed., Ph.D dengan materi “Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran (EHP) berdasarkan OBE serta EHP Case Study dan Project Based”, dan
  • FA. Triatmoko HS, S.Psi., M.Psi dengan materi “Pembelajaran aktif berbasis TIK (e-learning): Program Mapping, latihan membuat materi e- learning serta Penerapan BRP ke dalam EMAS”.

 

Selama pelatihan, dosen peserta juga diharuskan membuat Buku Rancangan Pengajaran (BRP) atau Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang terstruktur dan dapat mengakomodasi baik pembelajaran luring maupun daring. Pembuatan BRP dibimbing oleh fasilitator ahli sehingga mulai dari capaian pembelajaran, sub capaian pembelajaran mata kuliah (cpmk) hingga asesmen yang ditentukan oleh peserta selaras dan dapat terukur.

Selain itu, di hari ke-4 workshop PEKERTI, dosen peserta ditugaskan untuk melakukan presentasi draft BRP di dalam breakout room yang dinilai oleh fasilitator dan peserta lainnya. Hal ini bertujuan agar dosen peserta mendapat umpan balik secara konstruktif dan menyeluruh dari fasilitator dan juga rekan dosen lain dari berbagai disiplin ilmu, sehingga dosen – dosen peserta dapat menyusun BRP daring/bauran sesuai dengan format yang ditetapkan. 

Pada sesi terakhir Pelatihan PEKERTI, panitia juga mengumumkan peserta terbaik Pelatihan PEKERTI 2021 yang dinilai berdasarkan progress pembelajaran dari minggu pertama hingga terakhir, keaktifan saat sesi diskusi kelompok dan juga pada sesi klarifikasi dan diskusi bersama narasumber.  Peserta terbaik Pelatihan PEKERTI 2021 diraih oleh Kartika Citra Dewi Permata Sari, M.Farm., Apt  yang merupakan dosen muda dari Fakultas Farmasi UI.

Secara keseluruhan, berdasarkan survei evaluasi tingkat kepuasan peserta, peserta merasa sangat terbantu dan merasakan manfaat yang besar dengan mengikuti Pelatihan PEKERTI ini. Berikut beberapa tanggapan peserta:

Subdit PKSA akan terus berusaha melakukan inovasi – inovasi dalam pelaksanaan pelatihan dan memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, dan bermanfaat. 

-TERIMA KASIH –

 

Tim Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA):

  • Soulaya Lestary (Kepala Subdit dan koordinator program)
  • Lindawati Purba (Pengelola Pelatihan dan koordinator narasumber & fasilitator)
  • Aida Aisyatuz Zahro (Pengolah Pelatihan dan koordinator peserta)
  • Basahil (Pengadministrasi Surat Sekretariat)