Pada awal tahun 2021, Sub-Dit Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA) Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) Universitas Indonesia telah menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Buku Rancangan Pengajaran (BRP) Daring dan Bauran (Blended) Batch 1. Pelatihan yang berlangsung pada tanggal 13 – 26 Januari 2021, merupakan pelatihan penyusunan BRP yang diselenggarakan pertama kali secara online dan menggunakan format terbaru yaitu format daring/bauran (blended). Untuk mengikuti pelatihan ini, dosen peserta diwajibkan sudah memiliki BRP yang kemudian disusun dan disesuaikan dengan format daring/bauran. 

Selain membahas tentang tata cara penyusunan BRP dengan format terbaru, pelatihan ini juga menyuguhkan topik-topik yang berkaitan dengan pembelajaran luring dan daring, perumusan komponen BRP seperti CPL – CPMK- Sub CPMK dan deskripsi mata kuliah, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan moda pembelajaran sinkron dan asinkron terutama dalam pembelajaran daring,  serta bagaimana penerapan BRP dalam pengajaran. 

Pelatihan Penyusunan BRP Daring/Bauran Batch 1 ini diikuti oleh 66 dosen peserta dari berbagai fakultas dan sekolah di UI. Pada pelaksanaannya, pelatihan dengan metode flipped learning ini dibagi menjadi 3 tahap, yaitu : 

  • pembelajaran mandiri via EMAS UI secara asinkronus, dengan menonton 30 modul video interaktif pada minggu ke-1
  • menghadiri workshop via Zoom (sinkronus) bersama narasumber dan fasilitator pada minggu ke-2
  • dan pada minggu ke-3, dosen peserta melakukan bimbingan BRP secara asinkronus dengan fasilitator pembimbing sesuai dengan rumpun bidang keilmuan

Pelatihan dibuka oleh Direktur DPASDP UI, Gatot F. Hertono, Ph.D dan hadir sebagai narasumber ahli adalah : 

  • Dr. Ir. Anak Agung Putri Ratna, M.Eng dengan materi “Review & Diskusi BRP Daring/Bauran” dan
  • FA Triatmoko HS, S. Psi., M.Psi dengan materi “Penerapan BRP Daring/Bauran di EMAS

Pada akhir pelatihan, panitia mengumumkan peserta terbaik yang dinilai berdasarkan progress pembelajaran selama pelatihan berlangsung, keaktifan di dalam kelas saat diskusi kelompok maupun tanya jawab bersama narasumber, serta hasil review BRP oleh narasumber. Peserta terbaik Pelatihan Penyusunan BRP Daring/Bauran Tahun 2021 Batch 1 diraih oleh Dr. Palupi Lindiasari Samputra, S.Spi., M.M dari Sekolah Kajian Stratejik dan Global. 

Berdasarkan hasil survey kepuasan secara keseluruhan, dosen peserta merasa sangat terbantu dan mendapat manfaat besar dengan adanya pelatihan penyusunan BRP daring/bauran yang diselenggarakan oleh Subdit PKSA-DPASDP UI. Dengan adanya pembimbingan penyusunan BRP bersama fasilitator ahli, mulai dari capaian pembelajaran (CPL), capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) hingga assesmen yang ditentukan dapat terukur. 

TERIMA KASIH

Subdit PKSA berkomitmen untuk  terus melakukan pengembangan dan inovasi dalam memberikan pelayanan penyelenggaraan pelatihan yang berkualitas, inovatif dan menyenangkan. 

Tim Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA)

  • Soulaya Lestary (Kepala Subdit dan koordinator program)
  • Lindawati Purba (Pengelola Pelatihan dan koordinator narasumber & fasilitator)
  • Aida Aisyatuz Zahro (Pengolah Pelatihan dan koordinator peserta)
  • Basahil (Pengadministrasi Surat Sekretariat)