Setelah sukses dengan penyelenggaraan pelaksanaan Pelatihan Penyusunan BRP Daring/Bauran secara online pada bulan Januari lalu, Sub-Dit Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA) Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) Universitas Indonesia kembali menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan BRP berbasis Daring/Bauran Batch Ke-2 pada tanggal 22-30 Maret 2021. Pelatihan yang dilaksakan full online ini,  diikuti oleh 62 dosen peserta dari berbagai fakultas dan sekolah di UI. Pada Pelatihan Penyusunan BRP Daring/Bauran Batch 2 ini, dosen peserta diharapkan dapat merumuskan komponen-komponen BRP, menyusun BRP sesuai dengan format daring/bauran dan bagaimana menerapkan BRP dalam pengajaran. 

Metode pelatihan yang dipakai pada batch ke-2 ini masih sama seperti pelatihan sebelumnya. Pelatihan dengan metode flipped learning dibagi menjadi 3 tahap, yaitu :

  • pada minggu ke-1, dosen peserta melakukan pembelajaran mandiri secara asinkronus dengan menonton 30 modul video interaktif via EMAS UI
  • pada minggu ke-2, dosen peserta hadir pada workshop secara online via Zoom (sinkronus) bersama narasumber dan fasilitator
  • dan pada minggu ke-3, dosen peserta melakukan bimbingan BRP dengan fasilitator ahli sesuai dengan rumpun keilmuan secara asinkronus

Pelatihan yang berlangsung selama 8 hari ini dibuka oleh Direktur DPASDP UI, Gatot F. Hertono, Ph.D dan menghadirkan 2 narasumber ahli di bidang pendidikan, diantaranya : 

  • Dr. Ir. Anak Agung Putri Ratna, M.Eng dengan materi “Review dan Diskusi BRP Daring/Bauran” dan
  • Diantha Soemantri, MD., M.Med.Ed., Ph.D degan materi “EHP Case based dan Project based

Walaupun pelatihan dilakukan secara online, hal ini tidak menyurutkan semangat dan komitmen para peserta untuk mengikuti pelatihan secara penuh. Pada sesi workshop via Zoom, dosen peserta sangat antusias saat mengikuti klarifikasi dan tanya jawab dengan narasumber, dan juga tetap aktif pada saat mengikuti diskusi kelompok di breakout room

 

Di akhir pelatihan, para peserta pelatihan dapat memberikan feedback kepada Sub-Dit PKSA sebagai penyelenggara pelatihan. Secara keseluruhan berdasarkan hasil survey kepuasan, dosen peserta merasa mendapat manfaat dan sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini. 

 

TERIMA KASIH

 

Subdit PKSA berkomitmen untuk  terus melakukan pengembangan dan inovasi dalam memberikan pelayanan penyelenggaraan pelatihan yang berkualitas, inovatif dan menyenangkan. 

 

Tim Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA)

  • Soulaya Lestary (Kepala Subdit dan koordinator program)
  • Lindawati Purba (Pengelola Pelatihan dan koordinator narasumber & fasilitator)
  • Aida Aisyatuz Zahro (Pengolah Pelatihan dan koordinator peserta)
  • Basahil (Pengadministrasi Surat Sekretariat)