Sub-Dit Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA) Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) Universitas Indonesia kembali menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan BRP berbasis Daring/Bauran untuk staf pengajar di lingkungan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UI pada tanggal 8 – 12 April 2021.

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., M.M dalam sambutannya, menyampaikan bahwa FIA UI dan juga fakultas lain di lingkungan UI telah menerapkan kurikulum baru yaitu kurikulum berbasis OBE dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada tahun 2020. Melihat perkembangan sejak pandemi, ketika sebagian besar proses pembelajaran dilakukan secara daring, perlu dilakukan penyesuaian BRP yang sudah disesuaikan dengan Peraturan Rektor  SK No 1780 tentang Panduan Penyusunan BRP untuk Pembelajaran Daring dan Blended. Dan diharapkan staf pengajar melakukan updating/penyesuaian BRP dengan format daring/bauran dan dapat menyusun BRP untuk mata kuliah yang baru. 

Pelatihan ini dibuka oleh Direktur DPASDP UI, Gatot F. Hertono, Ph.D dan diikuti sebanyak 64 dosen peserta dari FIA UI. Pelaksanaan pelatihan secara full online dengan tahapan sebagai berikut:

  • pembelajaran mandiri via EMAS UI secara asinkronus dengan menonton 30 modul video interaktif 
  • hadir pada sesi workshop secara online via Zoom bersama narasumber dan fasilitator, dan
  • menyusun BRP format daring/bauran dengan bimbingan fasilitator ahli secara asinkronus 

Narasumber ahli yang hadir pada sesi workshop ini antara lain : 

  • Dr. Dianursanti, S.T., M.T dengan materi “Review dan Diskusi BRP Daring/Bauran” pada sesi ke-1, dan
  • Diantha Soemantri, MD., M.Med.Ed., Ph.D dengan materi “EHP Case based dan Project based” pada sesi ke-2.

Subdit PKSA akan terus berusaha melakukan inovasi – inovasi dalam pelaksanaan pelatihan dan memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, dan bermanfaat.

TERIMA KASIH 

Tim Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA):

  • Soulaya Lestary (Kepala Subdit dan koordinator program)
  • Lindawati Purba (Pengelola Pelatihan dan koordinator narasumber & fasilitator)
  • Aida Aisyatuz Zahro (Pengolah Pelatihan dan koordinator peserta)
  • Basahil (Pengadministrasi Surat Sekretariat)