Dikarenakan adanya perubahan proses pembelajaran secara daring selama masa pandemi Covid-19, setiap dosen di UI diwajibkan dapat menyesuaikan BRP yang sudah dimiliki dan disusun ke dalam format BRP daring/bauran. Menjawab kebutuhan tersebut, Sub-Dit Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA) Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) Universitas Indonesia secara reguler mengadakan Pelatihan Penyusunan BRP Daring/Bauran yang dibuka untuk semua fakultas dan sekolah yang ada di UI maupun memfasilitasi pelatihan atas permintaan fakultas yang dapat diikuti oleh seluruh dosen-dosennya. 

 

Pada Tanggal 11 – 18 Februari 2021, Sub-Dit PKSA menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan BRP Daring/Bauran atas permintaan Fakultas Teknik UI. Sebanyak 44 dosen perwakilan dari masing-masing prodi hadir untuk menjadi peserta dan  setelah pelatihan selesai diharapkan dapat menjadi trainer untuk penyusunan BRP bagi Dosen di Fakultas Teknik melalui Coaching Clinic yang diselenggarakan oleh Centre for Engineering Education (CEE). 

Pelatihan ini dibuka oleh Gatot F. Hertono, Ph.D selaku Direktur DPASDP UI, setelah mendengarkan sambutan dari Dekan Fakultas Teknik UI, Ir. Muhamad Asvial, M.Eng., Ph.D dan sambutan kedua oleh Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng selaku Ketua Centre for Engineering Education (CEE) FT UI.

Metode pelatihan secara flipped learning dan dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu :

  • pembelajaran mandiri via EMAS UI secara asinkronus dengan menonton 30 modul video interaktif pada minggu ke-1,
  • hadir pada sesi workshop secara online via Zoom bersama narasumber dan fasilitator pada minggu ke-2, dan
  • menyusun BRP format daring/bauran dengan bimbingan fasilitator ahli secara asinkronus pada minggu ke-3

Pada sesi workshop via Zoom, penyelenggara mengundang narasumber ahli diantaranya :

  • Dr. Dianursanti, S.T., M.T dengan materi “Perumusan dan Pemetaan CPL – CPMK – Sb CPMK Berbasis OBE dan Tanya Jawab Terkait BRP Daring/Bauran”,
  • Diantha Soemantri, M.D., M.Med.Ed., Ph.D dengan materi “Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran (EHP) Berdasarkan OBE”, 
  • R. Sutiawan, S.Kom., M.Si dengan materi “Bentuk Evaluasi, Instrumen Penilaian, Bobot Penilaian, Rubrik Peniliaian”, dan
  • pada hari terakhir mengundang Dr. Dianursanti, S.T., M.T untuk review BRP bersama Narasumber.

Pada akhir sesi pelatihan, Dr. Cindy Priadi, S.T., M.Sc selaku perwakilan dari CEE FT UI menyampaikan kesan dan pesan yang positif atas terselenggaranya pelatihan penyusunan BRP daring/bauran untuk dosen-dosen FT UI dan sekaligus menyampaikan program Coaching Clinic  untuk penyusunan BRP yang diwadahi oleh CEE.

Subdit PKSA akan terus berusaha melakukan inovasi – inovasi dalam pelaksanaan pelatihan dan memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, dan bermanfaat.

  • TERIMA KASIH –

 

Tim Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA):

  • Soulaya Lestary (Kepala Subdit dan koordinator program)
  • Lindawati Purba (Pengelola Pelatihan dan koordinator narasumber & fasilitator)
  • Aida Aisyatuz Zahro (Pengolah Pelatihan dan koordinator peserta)
  • Basahil (Pengadministrasi Surat Sekretariat)