Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menyelenggarakan program Transfer Kredit Internasional sebagai bagian dari upaya pengembangan kompetensi dan wawasan mahasiswa yang diperoleh melalui kerja sama antar lembaga pendidikan tinggi dalam dan luar negeri. Program ini juga menyasar kesiapan insan pendidikan dalam mengantisipasi derasnya persaingan global dalam berbagai aspek. Berdasar hal tersebut, Subdit Peningkatan Reputasi Adakademik (PRA) berkolaborasi dengan Kantor Urusan Internasional, Direktorat Kemahasiswaan, Center for Independent Learning (CIL) untuk ikut serta dalam kegiatan Transfer Kredit Internasional. Transfer Kredit Internasional diselenggarakan untuk mendukung hak mahasiswa untuk belajar di luar program studi dan/atau perguruan tinggi.

Perguruan tinggi mitra internasional yang dipilih UI adalah perguruan tinggi yang memiliki reputasi international yang baik dan telah menjalin kerjasama dengan baik. Sebagai contoh, program studi Akuntansi bermitra dengan Tilburg University (peringkat 368 QS WUR 2021 dan 201-250 THE WUR 2021) dan Jeonbuk National University (peringkat 591-600 QS WUR 2021 dan peringkat 1001+ THE WUR 2021). Program studi Psikologi UI dalam kegiatan ini bekerjasama dengan Tohoku University, Jepang (peringkat 79 QS WUR dan peringkat 201-250 THE WUR).
Sedangkan program studi Ilmu Hukum bermitra dengan Vrije University, Belanda (peringkat 236 QS WUR dan peringkat 116 THE WUR).

UI mengusulkan 4 mahasiswa yang lolos seleksi untuk ikut serta dalam program ini di tahun 2021, yakni:

No Nama Mahasiswa Fakultas Universitas Tujuan
1 Michael Hans Clement Ekonomi dan Bisnis Tilburg University
2 Veby Kristianty Panggabean Ekonomi dan Bisnis Jeonbuk National University
3 Erlin Regina Psikologi Tohoku University
4 Sarah Athalia Yasmine Hukum Vrije Universiteit Amsterdam