Penulis: Al Husna An Nadhiroh | Editor: Soulaya Lestary

Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) Universitas Indonesia (UI)  telah menyelenggarakan Pelatihan Evaluasi Hasil Pembelajaran UI untuk staf pengajar Universitas Indonesia. Sebanyak 28 orang dosen mengikuti pelatihan EHP yang diselenggarakan pada tanggal 1 – 14 Oktober 2021. Pelatihan ini bertujuan memberikan panduan praktis bagi peserta pelatihan ketika dihadapkan pada studi kasus perkuliahan dengan ranah capaian pembelajaran tertentu, peserta pelatihan mampu menentukan bentuk evaluasi dan menyusun instrumen asesmen yang sesuai.

Pelatihan EHP diselenggarakan secara daring menggunakan skema pelatihan flipped learning. Di minggu pertama, peserta menonton modul video pelatihan interaktif dan mengerjakan ujian pelatihan untuk mengasah pemahaman via EMAS UI. Sesi ini dilakukan secara asinkronus sebelum dilaksanakan sesi sinkronus tatap maya bersama narasumber dan fasilitator di minggu ke-2. 

Workshop Pelatihan MOOCs yang dilaksanakan melalui platform Zoom berlangsung selama 3 hari dari hari Senin hingga kamis dengan pemaparan materi yang berbeda setiap harinya. Pemaparan materi ini dilakukan oleh 5 narasumber ahli seperti;

 

Hari ke-1 : 1 November 2021

  1. Dr. Ardi Findyartini, Ph.D dengan materi Kurikulum dan EHP dan Prinsip Evaluasi, Jenis Instrumen & Karakteristiknya. 
  2. Diantha S. Soemantri, M.D., M.Med.Ed., Ph.D dengan materi Teori dan Pedoman Pembuatan Rubrik Penilaiaan Keterampilan.

 

Hari ke-2 : 2 November 2021

 

  1. dr. Nani Cahyani S, Sp.KO dengan materi Pedoman Membuat Pilihan Ganda
  2. Sisilia Setiawati Halimi, S.S., M.A., Ph.D dengan materi Pedoman pembuatan rubrik evaluasi esai, makalah & presentasi 

 

Hari ke-3 : 3 November 2021

 

  1. Ayun Erwina Arifianti, M.Farm., Apt dengan materi dengan materi Implementasi EHP secara Daring 
  2. Dr. Ardi Findyartini, Ph.D dengan materi Portofolio Mahasiswa sebagai salah satu bentuk metode EHP

Luaran pelatihan ini berupa Cetak Biru (Blue Print) Evaluasi Hasil Pembelajaran Mata Kuliah yang diampu. Pembuatan Cetak Biru ini dibimbing oleh fasilitator ahli pada minggu 3 pelatihan.

Subdit PKSA akan terus berusaha melakukan inovasi – inovasi dalam pelaksanaan pelatihan dan memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, dan bermanfaat. 

-TERIMA KASIH –

Tim Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA):

  • Soulaya Lestary (Kepala Subdit dan koordinator program)
  • Lindawati Purba (Pengelola Pelatihan dan koordinator narasumber & fasilitator)
  • Aida Aisyatuz Zahro (Pengolah Pelatihan dan koordinator peserta)
  • Basahil (Pengadministrasi Surat Sekretariat)
  • Al Husna An Nadhiroh ( Staf Divisi Publikasi, Desain dan Dokumentasi)